Ubiquitos computing sangat memabantu dalam dunai pendidikan ;tugas individu 2
Semakin berkenbangnya tekhnologi di jaman skarang, cukup membantu dalam berbagi hal khususnya dalam dunia pendidikan. Beberapa pakar komputerpercaya bahwa generasi computer berikutnya –generasi ketiga –akan berupa ubiquitos computing.ubiquitos computing adalah pasca desktop model interaksi mnusia-komputer dalam pengolahan informasi yang tidak sepenuhnya terintegrasi ke dalam objek dan akyivitas sehari-hari ,ubiquitos computing kebalikan dari realitas virtual, jika generai virtual menempatkan orang di dalam dunia yang di ciptakan computer, ubiquitos computing akan memaksa komputer eksis di dunia manusia. Artinya , di jaman sekarang ini kecanggihan tekhnologi sudah banyak di gunakan dalam kehidupan manusia. Dan hal tersebut memaksa manusia mau tidak mau harus mempelajari tentang kecanggihan tekhnologi. dan hal ini ,juga memaksa manusia beradaptasi dengan jaman yang serba tekhnologi dan harus mempelajari pengaplikasianya.
Dalam dunia pendidikan, kita sekarang berada di era komputer pribadi (PC) dimana satu orang siswa punya satu computer, hal ini justru sangat membantu dlam terciptanya generasi yang berupa ebiquitos computing, dalam lingkungan ini tekhnologi akan menjadi latar belakang nya.
Tekhnokogi bertujuan membantu siswa
Salah satu review mengatakan bahwa pembelajaran akan meningkat jika informasi di berikan dalam bentuk multimedia yang memicu mereka aktif memilih, mengorganisir , dan mengintegrasikan informasi visual dan verbal. Menurut saya ,dalam hal ini guru atau dosen sebaiknya harus sedikit lebih maju pengetahuanya dengan murid, karna tekhnologi akan menjadi efektif di kelas atau di luar kelas apabila dosen atau guru dapat menggunakanya, menunjukkanya ,memandu dan memonitori penggunaanya untuk mengembangkan para murid yang termotivasi agar belajar lebih aktif dan berkomunikasi secara efektif. Pembelajaran yang menekankan aktifitas pengajar kepda pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (learner/student centered learner) memiliki beberapa karakteristik yang mendukung pembelajaran tekhnologi informasi komunikasi, antara lain ;
a. Pardigm atau pola piker pengajar yang memberikan pengajaran dengan dominasi pengajar berubah ke pembelajran yang menekankan pada kyiviras peserta didik.
b. Pengajaran yang tertutup/terpisah dn tidk melibtkn masyrkt beserta lingkungan menjadi terbuka/terpadu dengan masyarkat.
c. Melibatkan peserta didik sebagai subjek atau mitra (partner)dalam proses pembelajaran.
d. Peserta didik di libatkan dlm pemecahan masalah dan pengmbilan keputusan.
e. Di sesuaikan dengn kebutuhan pada peseta didik, pad masa kini dan masa yang akan dating
f. Mengajk peserta didik untuk belajar di luar lingkungan kelas tau sekolh yng dapat mensitimulasi semangt belaja nya
g. Memberikan kesempatan kepad peserta didik untuk mewujudkan potensi dan masa depan secara bermakna.
h. Profesionl dan kompeten dalam pembelajran berbasis tekhnologi informasi komunikasi yang meliputi :
1. Memiliki kompetensi yang baik tentang tekhnologi informs komunkasi yang di ajarkanya
2. Mampu mengembangkan strategi pembelajaran yang berbasis tekhnologi informasi komunikasi
3. Mengusai strategi, metode dan tekhnik pengolahan (manajemen) kelas yang efektif.
4. Menguasai tekhnik dan alat evaluasi yang tepat untuk menilai hasil pembalajaran.
5. Memahami bahwa peserta didik adalah individu dengan kebutuhan yang berbeda-beda.
Hal ini lah yang menurut saya cara yang efektif dalam mengantarkan para murid sampai dalam tekhnologi komputer yang berupa ubiquitos computing. Dengan meningkatkan aktivitas para murid dengan komputer dalam e-learning , dan menurut saya dalam era ubiquitos computing tidak ada lagi alas an untuk tidak mengetahui tekhnologi, karna kehidupan sehari-hari sudah sangat akrab dengan kecanggihan tekhnologi.
15.00 WIB
25 Februari 2010
Sri Rezeki Amalia
091301015
Daftar pustaka
Santrock, john W. 2008. Psikologi pendidikan. Jakarta : Kencana Pramedia Grup.
www.gogle .com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar