Rabu, 18 September 2013

Karya Kreativitas I



Saya membuat card selamat ulang tahun untuk salah satu teman saya yang bertepatan berulang tahun dengan penyelesaian tugas kreativitas ini. Karya diatas bukanlah karya yang saya buat ketika dikelas kreativitas, karna karya sebelumnya hilang bersamaan dengan buku dimana karya tersebut saya sisipkan didalamnya. Adapun, pengalaman yang saya rasakan ketika membuat karya ini akan saya kaitkan dengan 4P strategi pengembangan kreativitas, yaitu :

1.      Person
Dalam P pertama ini, dikatakan bahwa kreativitas adalah ungkapan dari keunikan individu dalam interaksi dengan lingkunganya. Saya memutuskan untuk membuat karya ini karna bertepatan dengan moment dimana salah satu teman saya sedang berulang tahun. Sehingga karena adanya interaksi saya dan lingkungan saya (teman berulang tahun)  maka, muncul ide untuk membuat Card diatas.

2.      Pendorong (Press)
P kedua mengatakan, bakat kreatif individu akan terwujud jika ada dorongan dari lingunganya, ataupun motivasi internal dalam dirinya. Dalam penyelesaian karya diatas yang menjadi dorongan saya untuk membuat karya tersebut adalah karena bertepatan dengan ulang tahun teman, jadi saya ingin membuat sesuatu yang spesial untuknya, saya memikirkan konsep bagaimana yang akan saya gunakan untuk membuat card ulang tahun, akhirnya setelah mencari bahan-bahan yang saya punya sebelumnya saya memutuskan untuk menggunakan kertas jeruk, penjepit kayu, origami, tali, foto, spidol, dan lem sebagai bahan yang akan saya gunakan untuk membuat card tersebut.

3.      Proses
P ketiga mengatakan bahwa individu harus dibebaskan dalam mengekspresikan dirinya. Berbeda ketika dikelas, dimana penyelesaianya diberikan waktu walaupun untuk pembuatanya kita diberikan kebebasan untuk menciptakan suatu karya. Dalam penyelesaian card ini, saya merasa lebih ‘ mengalir’ dalam menuangkan ide-ide ke dalam bentuk kreatif dengan lengkapnya bahan yang saya miliki sebagai pembantu untuk menyelesaikan karya ini, dan saya tidak berpatokan pada waktu ketika penyelesaianya.

4.      Produk
Dari kombinasi ketiga P diatas, maka terciptalah suatu benda, produk atau karya dari diri saya, yang orisinilitasnya terjamin. Ada beberapa hal yang saya pikirkan ketika melihat card tersebut saya selesaikan adalah :
-          Ternyata barang yang ada disekitar kita bisa digunakan untuk menciptakan suatu karya, walaupun terkadang barang tersebut kita anggap sudah tidak berguna.
-          Saya berpikir bahwa, kreativitas itu bukan hanya mencakup “ seberapa bagus karyamu?, seberapa rapi? . atau seberapa unik?. “ tetapi lebih kepada, tidak  masalah kalau karyamu jelek atau biasa saja, asalkan itu terlahir dari pemikiranmu dan hasil kerja tanganmu, apapun yang kita ciptakan, itulah Kreativitas.

Manfaat : adapun manfaat dari karya diatas adalah untuk lebih mengasah kreativitas yang ada dalam diri saya, dan lebih menyadari untuk memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar saya.

Tujuan : Tujuan pembuatan kreativitas tersbut adalah, untuk memenuhi tugas dikelas kreativitas untuk mempublish hasil karya dan juga untuk memberi ucapan selamat ulang tahun yang mungkin akan menjadi lebih spesial karna saya membuatnya langsung. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 bLog of Rezqy amelya hirhai | Design : Noyod.Com